RESENSI BUKU :MERINTIS ‘MAZHAB’ PERSIS?

Judul buku      : THURUQ AL-ISTINBATH

Pengarang       : Dewan Hisbah Persatuan Islam

Halaman          : 80

Penerbit           : PERSISIPRES

Di tengah pesatnya perkembangangan ilmu pengetahuan seperti saat ini, hukum Islam dihadapkan pada tantangan serius untuk merespon setiap kondisi yang berkembang dan dituntut untuk memberikan solusi terbaik dari setiap permasalahan yang muncul. Kemudian dengan  perkembangan ilmu pengetahuan yang makin pesat tersebut, tidak sedikit bermunculan berbagai permasalahan benar-benar baru dan dengan segera mesti ditetapkan keputusan hukumnya.

Di masa Rasulullah saw., kepastian hukum dari setiap permasalahan yang muncul mungkin sangat mudah didapatkan. Hal ini mengingat karena pada saat itu, pemegang otoritas tertinggi dalam memutuskan hukum hadir di tengah-tengah mereka. Dengan bimbingan wahyu yang diturunkan kepada Nabi, kebutuhan batin akan kepastian hukum tersebut dapat diputuskan sesegera mungkin.

Setelah Nabi sebagai pemegang otoritas tertinggi untuk memutuskan hukum tidak ada, selanjutnya otoritas tersebut bergeser pada para ulama dengan tetap berpegang teguh pada al-Qur’an dan as-Sunah. Dan untuk permasalahan yang tidak terdapat keputusan hukum yang tegas baik dari al-Qur’an maupun sunah, maka para ulama berkesempatan untuk melakukan ijtihad guna memutuskan ketetapan hukumnya.

Pada saat ini, sebagaimana disinggung di atas bahwa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan kerapkali memunculkan permasalahan-permasalahan yang benar-benar baru dan tidak terjadi pada masa sebelumnya. Dan dengan munculnya berbagai permasalahan baru tersebut, pintu untuk memasuki ranah ijtihad pun semakin terbuka lebar.

Berkaitan dengan hal di atas, munculnya sebuah buku yang berjudul “THURUQ AL-ISTINBATH” yang dikeluarkan oleh Dewan Hisbah Persatuan Islam mungkin diterbitkan untuk merespon permasalaan seperti digambarkan di atas. Sebagaimana dikatakan Dewan Hisbah Persatuan Islam sendiri pada pengantar buku tersebut, Dewan Hisbah merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam meneliti masalah-masalah yang membutuhkan keputusan hukum dan memberikan jawaban-jawaban dengan dalil-dalil yang menjadi landasannya.

Buku tersebut terdiri dari beberapa bab yang berisikan seputar perangkat-perangakat untuk mengkontruksi (mengistinbath) hukum-hukum dalam Islam seperti Ahkam Al-Syar’i, Istinbat Hukum, Al-Ikhtilaf wa Al-Tafaruq, Cara Menyelesaikan Nash-nash yang Nampak Bertentangan, dan sebagainya. Kemudian pada bagian akhir dilanjutkan dengan pembahasan Rumusan Thuruq Al-Istinbath Dewan Hisbah Persatuan Islam sebagai bagian inti dari buku tersbut. Namun sayang, bagian akhir yang menjadi inti buku tersebut pembahasan terasa tidak terlalu mendalam dan terkesan sangat sesederhana tidak sebagaimana kesan yang tertangkap dalam judulnya.

Bagi kader-kader Persis khususnya, buku “TURUQ AL-ISTINBATH” yang dikeluarkan oleh Dewan Hisbah Persatuan Islam merupakan buku yang wajib untuk dibaca. Di samping sebagai sarana memahami jalan istinbath keputusan-keputusan yang telah dirumuskan per kasus, buku ini juga dianggap penting untuk memberikan pemahaman langkah-langkah dalam mengistinbath hukum di lingkungan Persis.

Di bagian terakhir Thuruk al-Istinbath Persatuan Islam dari buku tersebut, terdapat poin menarik yang menyatakan bahwa secara resmi Dewan Hisbah Persatuan Islam tidak mengikatkan diri secara resmi pada salah satu madzhab dalam hukum Islam. Menarik karena dengan tidak memposisikan diri dalam salah satu barisan madzhab yang telah ada, sebagai konsekwensinya Persis mesti merumuskan methode penarikan hukum (thuruq istinbath) tersendiri. Dengan demikian pertanyaannya adalah, apakah dengan thuruq al-istinbath yang dirumuskan Dewan Hisbah diatas Persis menjadi madzhab baru dari deretan madzhab yang telah ada??? Huallahu ‘Alam, selamat membaca!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s