JUMLAH PEMUDIK 2010 CAPAI 16 JUTA ORANG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Volume arus mudik tahun ini diprediksi mengalami kenaikan yang signifikan. Polisi memprediksi jumlah pemudik tahun 2010 dari seluruh wilayah Indonesia akan mencapai angka 16 juta orang.
Angka ini lebih tinggi dari jumlah pemudik tahun 2009 yang mencapai 14, 6 juta. “Untuk mengamankan pelaksanaan ritual mudik itu, kepolisian dari tiap wilayah secara serentak menggelar Operasi Ketupat,” kata Inspektur Pengawasan Umum Polri, Komjen Pol Nanan Soekarna saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat di Jakarta, Kamis (2/9).

Menurut Nanan, jumlah pemudik yang besar beresiko menimbulkan gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Karena itu, Operasi Ketupat akan difokuskan dalam kegiatan pengamanan mudik.

Ia mengutarakan ancaman kecelakaan menjadi salah satu masalah yang akan dihadapi petugas dalam operasi kali ini. Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh petugas untuk selalu tanggap. Pun halnya dengan masyarakat yang akan mudik. Dia mengharapkan, segala aturan berlalu-lintas dapat dipatuhi pemudik. “Kita harapkan angka kecelakaan berkurang pada tahun ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s