SELAMA PEMUKIMAN YAHUDI TERUS DIBANGUN, PLO DESAK ABBAS HENTIKAN PEMBICARAAN DENGAN ISRAEL

Aljazeera (3/10). Sebuah badan Palestina yang berpengaruh telah mendesak Presiden Palestina untuk berhenti pembicaraan langsung dengan Israel, mengatakan seharusnya tidak ada lagi pembicaraan damai selama Israel meneruskan pembangunan permukiman di wilayah-wilayah pendudukan.

Membaca pernyataan pada hari Sabtu, Yasser Abed Rabbo, sekretaris jenderal komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina, mengatakan kegagalan Israel untuk memperpanjang pembekuan parsial 10-bulan di pembangunan permukiman di Tepi Barat telah membuat negosiasi “tanpa makna”.

Pemerintah Israel menanggung “tanggung jawab penuh untuk kebuntuan saat ini dalam proses perdamaian” dan “runtuhnya negosiasi,” lanjut Rabbo.

Pernyataan PLO, yang datang hanya beberapa hari sebelum komite Liga Arab bertemu dalam masalah ini, memberikan tekanan lebih pada Presiden Palestina untuk melepaskan diri dari pembicaraan langsung – sebuah keputusan yang seharusnya dia katakan setelah berkonsultasi dengan Liga Arab.

Mahmoud Abbas, presiden Otoritas Palestina, telah berulang kali mengancam akan keluar dari pembicaraan yang disponsori AS jika moratorium tidak diperpanjang. Perundingan langsung itu digelar kembali sebulan lalu dengan tujuan pernyataan  solusi dua negara dalam satu tahun ini.

Upaya Penggagalan

Dalam rangka untuk melanjutkan pembicaraan, komite PLO menuntut Israel membuat konsesi serupa. “Negosiasi membutuhkan langkah nyata dari Israel dan masyarakat internasional dengan mulai menghentikan aktivitas pemukiman,” kata pernyataan PLO.

“Kepemimpinan Palestina memiliki beban terhadap pemerintah Israel yang bertanggung jawab untuk menggagalkan upaya internasional dan proses perdamaian di kawasan itu karena mereka bersikukuh untuk menggabungkan negosiasi dengan pemukiman,” katanya.

“Jika dunia tidak bisa melakukan itu, maka mereka harus memeriksa kembali legitimasi keberadaan negara Israel, yang didirikan dengan akta kelahiran internasional.”

One thought on “SELAMA PEMUKIMAN YAHUDI TERUS DIBANGUN, PLO DESAK ABBAS HENTIKAN PEMBICARAAN DENGAN ISRAEL

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s