PEMERINTAH: CUACA EKSTRIM HINGGA FEBRUARI 2011

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah menggelar rapat koordinasi tentang antisipasi terhadap iklim dan cuaca ekstrim yang diprediksi akan terjadi di Indonesia hingga Januari atau Februari 2011 akibat dampak pemanasan global yang juga melanda dunia.

“Cuaca ekstrim diprediksi akan berlangsung hingga awal tahun depan, karena itu sasaran rakor adalah untuk mengatasi dampak iklim dan cuaca ekstrim yang belakangan ini sudah dirasakan oleh masyarakat luas,” kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Usai memimpin Rapat Koordinasi tentang antisipasi terhadap iklim dan cuaca ekstrim di kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Senin, Agung Laksono mengatakan, tujuan rakor juga untuk menentukan langkah-langkah lanjut yang harus dilakukan oleh masing-masing kementerian atau lembaga terkait.

Menurut dia, kondisi Indonesia selain memiliki keunggulan stratgis juga rentan terhadap bencana alam yang disebabkan fenomena cuaca dan iklim ekstrim serta gempa bumi.

Berdasarkan hasil kajian panel antarpemerintah mengenai iklim, aktivitas manusia merupakan penyebab meningkatnya suhu global yang memicu perubahan iklim yang ditandai dengan perubahan pola curah hujan, cuaca lebih ekstrim, naiknya paras air laut, bencana kekeringan, badai, banjir, gelombang panas dan kebakaran hutan secara luas.

“Cuaca ekstrim dan perubahan pola curah hujan bisa berdampak pada gagal panen dan menyebabkan rawan pangan, gelombang tinggi yang membahayakan nelayan, banjir dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut dia, perubahan iklim dan cuaca ekstrim selain memunculkan berbagai wabah penyakit dan gangguan kesehatan lainnya juga akan berdampak pada para petani yakni perubahan pola tanam dan gagal panen serta para nelayan yang tidak berani melaut akibat ombak tinggi.

“Hal tersebut jika tidak segera diantisipasi akan menimbulkan kerawanan sosial,” katanya.

Menko menambahkan, pemerintah merasa perlu untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan masyarakat terhadap karakteristik dan sistem peringatan dini berbagai dampak yang diakibatkan oleh fenomena cuaca dan iklim ekstrim melalui upaya mitigasi, adaptasi dan penguatan kelembagaan

One thought on “PEMERINTAH: CUACA EKSTRIM HINGGA FEBRUARI 2011

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s