PRESIDEN JERMAN: MUSLIM MEMILIKI TEMPAT SAH DI SINI

 

muslimah Jerman

 

Jerman, (4/10). Presiden Jerman telah mendesak orang untuk mengenali bahwa agama Islam dan pengikutnya memiliki tempat yang sah di Jerman setelah lonjakan baru-baru ini tentang sentimen anti Muslim di negara itu. Christian Wulff, sebagai pemegang otoritas tertinggi di negeri ini mengeluarkan pernyataannya itu di tengah-tengah perayaan dua dekade reunifikasi Jerman. (Aljazeera, 4/10).

Memang, dibanding dengan negara Eropa lain, komunitas Muslim di Jerman relatif hidup tenang. Mereka bebas melaksanakan ajaran agamanya tanpa rasa takut. Sebab, pemerintah Jerman memang menjamin kebebasan warganya untuk melaksanakan ajaran agamanya. Masjid, Islamic center, dan lembaga-lembaga pendidikan Islam banyak tersebar di seluruh wilayah Jerman. Bahkan di kota kecil seperti Duisburg terdapat proyek perumahan khusus untuk warga Muslim. Dan tentu saja di kota ini terdapat masjid dan lembaga pendidikan Islam. (Laporan eskpedisi Rusdiono Mukri, mantan Redaktur Nebula, eks ESQ Magazine).

Akan tetapi friksi dan sentimen agama tetap saja ada. Beberapa kali dilakukan pemeriksaan ketat terhadap organisasi muslim karena diduga berkaitan dengan jaringan teroris, namun kemudian upaya ini dihentikan. Pemeriksaan terhadap organisasi Turki Milli Görus di Jerman dihentikan setelah sebelumnya Kejaksaan di Munchen menuduh pimpinan organisasi ini mencuci uang gelap dan mendukung organisasi teror. Polisi merasia organisasi ini tahun lalu, dan menuduh ketua Milli Görus dan ketua Dewan Muslim di Jerman terlibat tindak kriminal. Milli Görus memiliki 300 masjid di Jerman. Ketua Milli Görus menyatakan penyelidikan ini berlatar belakang politik, hasilnya setelah 19 bulan tidak ada sama sekali. (Republika, 21/9)

Pada tahun 2009, terjadi demonstrasi damai berkaitan dengan perubahan cara pandang pemerintah terhadap komunitas muslim di Jerman. Para pemuka Muslim di Jerman menginginkan pemerintahan baru bisa mengubah pendekatannya dengan komunitas Muslim. “Keberadaan komunitas Muslim jangan lagi dianggap sebagai ancaman terhadap negara dan sumber ketidakstabilan keamanan. Pemerintah harus bisa berubah dan menjadikan komunitas Muslim sebagai komunitas yang juga potensial memberikan kontribusi bagi pembangunan di Jerman,” tukas Elias. (eramuslim, 30/9/2009).

Bahlan pada bulan Juli, umat muslim sempat terprovokasi dengan adanya pembunuhan Marwa al Sherbini (31), Muslimah asal Mesir yang dibunuh kelompok islamophis Jerman, yang diidentifikasi bernama Alex W.Ribuan pelayat berjubel mengantarkan jenazah wanita yang akhirnya dijuluki “Syuhada Hijab” ini.  Almarhumah, dimakamkan di kota kelahirannya Iskandariya, Mesir, dengan diiringi tetasn air mata. Tak hanya di Iskandariya, aksi demonstrasi juga dilakukan di depan kedutaan besar Jerman di Kairo. Para demonstran mengutuk serangan atas Marwa dan menuntuk sang pembunuh segera diadili. (hidayatullo.com 7/10).

Penentangan dari Kanselir Jerman

Kanselir Jerman, foto: hidayatulloh.com

Rupa-rupanya, ruang terbuka yang diberikan pemimpin Jerman, diberikan syarat-syarat oleh Kanselirnya sendiri, Angela Merkel. Ia mengatakan, Muslim harus mengikuti hukum konstitusi dan bukan syariah, jika mereka ingin tinggal di Jerman. Presiden Jerman Christian Wulff mendesak agar rakyat Jerman menerima bahwa “Islam juga bagian dari negara Jerman.” Namun menurut Merkel, putri dari seorang pendeta Protestan yang dibesarkan di Jerman Timur dan memimpin sebuah partai Katolik itu, Wulff memberikan penekanan pada akar Kristen dan Yahudi Jerman. “Sekarang jelas ada Muslim di Jerman, Tapi penting untuk diketahui bahwa nilai-nilai yang mewakili Islam harus sesuai dengan konstitusi kita,” ujar Merkel. “Apa yang diberlaku di sini adalah konstitusi, bukan syariah,” tandasnya, sebagaimana dilansir Reuters (6/10). Menurut wanita itu, Jerman memerlukan imam yang “dididik di Jerman dan memiliki akar sosial di sini.” “Budaya kita berdasarkan pada nilai-nilai Kristen dan Yahudi sejak ratusan tahun lalu, (atau) mungkin ribuan tahun,” kata pemimpin pemerintahan nagari Bavaria itu. (hidayatulloh.com)

(quy dari berbagai sumber)

 

One thought on “PRESIDEN JERMAN: MUSLIM MEMILIKI TEMPAT SAH DI SINI

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s