SKANDAL SEKSUAL OLEH GEREJA MENGGLOBAL

 

 

foto:sanfranciscosentinel.com

 

Dunia Katolik terus dipermalukan kasus-kasus pelecehan seksual oleh pihak gereja Katolik, bahkan respon konkrit terhadap masalah ini bisa disebut “tak berdaya tidak memadai”. Hingga permintaan maaf dari Paus Benecditus dianggap tidak menyelesaikan masalah (CNN, Maret 2010).

Berlawanan dengan pernyataan Paus Benediktus –bahwa imoralitas masyarakat modern lah yang harus disalahkan untuk pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para imam Katolik, dokumen historis gereja  sendiri mengungkapkan bahwa pelecehan seksual telah menjadi masalah dan bahwa Gereja Katolik telah gagal untuk menanganinya sejak awal. Dokumen resmi pertama dari Gereja mengungkap bahwa masalah skandal seksual oleh gereja pada anak-anak dimulai pada tahun 60 Masehi. Semua dokumen sebagaimana dimaksud dalam bagian ini adalah nyata dan fakta telah diperiksa.

Berdasarkan laporan video di atas, –yang sudah dilegalisasi oleh PG, sejak lima puluh ke belakang telah terjadi 30.000 kasus pelecehan seksual oleh gereja di 35 negara.

UPDATE: Informasi teranyar melaporkan bahwa di Italia, pada Jumat (8/10) digelar pertemuan internasional korban seksual oleh para rohaniawan Gereja. Pertemuan internasional korban pelecehan seksual rohaniwan katolik yang berlangsung di Roma juga akan dihadiri puluhan warga Belanda. Demikian Ton Leerschool, salah seorang korban dari Belanda Jumat (08/10) mengatakan. Dalam surat terbuka kepada komisi penyelidikan Deetman ia menuntut permohanan maaf dari para uskup. Leerschool, korban pelecehan seksual oleh seorang pastor, mengambil inisiatif untuk bersama delegasi Belanda bertolak ke lapangan Santo Petrus, Roma, antara lain untuk mengungkapkan kesaksian. Pertemuan di Roma berlangsung 31 Oktober mendatang. (Republika, 9/10).

 

One thought on “SKANDAL SEKSUAL OLEH GEREJA MENGGLOBAL

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s