MILITER PEMBUNUH SIPIL AFGANISTAN DIADILI

Jeremy Morlock, foto: aljazeera.net

Seorang tentara AS yang diduga menewaskan tiga warga sipil Afghanistan untuk ‘bersenang-senang’ akan menghadapi pengadilan militer penuh. Jeremy Morlock, salah satu orang dari 12 tentara dituduh, menghadapi tuduhan pembunuhan terencana, otoritas dari militer AS mengatakannya pada hari Jumat.  (Reuters).

Kasus ini telah telah menyedit  perhatian media karena Morlock dan tentara lainnya dituduh mengambil foto mayat dan mengambil bagian tubuh sebagai piala perang. Berita Acara menyebutkan tuduhan termasuk penganiayaan mengerikan pada mayat. Pihak berwenang tidak menyebutkan jika tulang yang mereka foto diambil dari beberapa orang yang berasal dari tubuh warga sipil yang dimutilasi.

Keputusan untuk membawa kasus itu ke sidang pengadilan penuh militer muncul setelah sidang pendahuluan pada akhir September. “Kasus ini sekarang akan berada di bawah kendali seorang hakim militer yang akan menghadapkan terdakwa pada berbagai macam tuntutan,” kata Lewis Base Bersama-McChord dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu tuduhan pembunuhan berencana kemungkinan berakhir pada hukuman mati atau Morlock akan menghadapi hukuman maksimum penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat jika terbukti bersalah atas semua tuduhan, menurut Kathleen Turner, seorang juru bicara tentara AS.

Selain dituduh melakukan konspirasi pembunuhan dan penggunaan obat terlarang, ia dituduh menutupi upaya investigasi serta menghilangkan bukti pembunuhan dalam bentuk fotografi.

Morlock, 22, dari Wasilla, Alaska, merupakan salah satu dari lima tentara yang dituduh melakukan pembunuhan dalam kasus tersebut. Tujuh lainnya dituduh mencoba menghalangi penyelidikan, menggunakan ganja dan memukul seorang kawan yang meniup peluit ketika menemukan kelompok ini melakukan perbuatan keji itu.

Para pejabat AS mengakui bahwa mereka prihatin tentang potensi ke arah yang lebih jauh. Geoff Morrell, sekretaris pers Pentagon, mengatakan bahwa tuduhan ini mewakili “suatu kelainan” kejiwaan yang tersimpan dalam 100.000 kekuatan militer Amerika di Afghanistan. Lebih jauh lagi, penyelidikan telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah terdakwa dan semua prajurit, dipengaruhi oleh komandan yang mungkin telah menentang doktrin baru pemerintah yang memberikan penekanan untuk  membangun kepercayaan warga Afghanistan.

“Ada masalah berat dengan sikap dari doktrin barunya, yaitu memenangkan hati dan pikiran orang-orang Afghanistan, dalam kepemimpinan,” kata Stjepan Mestrovic, seorang profesor Texas A & M dan penulis buku pelanggaran oleh personil militer AS di Irak.

(quy dari berbagai sumber)

One thought on “MILITER PEMBUNUH SIPIL AFGANISTAN DIADILI

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s