FAKTA TERSEMBUNYI DI BALIK PERANG IRAK

ilustrasi : thediplomatictimesreviewonline.com

Sebuah konvoi Amerika yang dipimpin oleh Blackwater – keamanan swasta perusahaan  AS yang sekarang dikenal sebagai Xe – melempar lebih dari satu bom di pinggir jalan di utara Baghdad pada bulan Mei 2006. Mereka mulai menembak setelah ledakan, dan “api tak terkendali” ciptaan mereka telah membunuh seorang sopir ambulans Irak.

Dilaporkan bahwa unit unit intelijen militer AS  mencoba menghubungi Blackwater setelah penembakan terjadi untuk mengkonfirmasi rincian, namun lagi-lagi kasus tidak mengemuka setelah hasil laporan mengatakan, “TOC Blackwater tidak mengkonfirmasi atau menyangkal saat ini,” katanya.

Padahal insiden mematikan yang melibatkan Blackwater – seperti di Nisour Square yang telah melakukan penembakan lain pada tahun 2007, telah menewaskan 17 warga sipil- telah banyak dilaporkan. Bahkan dokumen-dokumen rahasia mengungkapkan fakta lain, yaitu sekitar 14 insiden yang dilakukan oleh Blackwater dalam kasus yang sama, yaitu menembaki warga sipil.

Pada bulan Mei 2005, dilaporkan pasukan tentara di sebuah pos pemeriksaan di Baghdad barat menyaksikan patroli Blackwater yang sedang “menembaki sebuah kendaraan sipil”. Satu warga sipil tewas dan dua lainnya luka-luka. Gilanya, para prajurit Amerika sendiri nyaris ditembak juga.

Perusahaan Militer Swasta: Mengigau atau Perencanaan?

Blackwater bukan satu-satunya perusahaan yang menyediakan senjata untuk disewa di Irak, puluhan perusahaan militer swasta lainnya, seperti KBR, DynCorp dan lain-lain melakukan operasi serupa. Kejadian lain yang mematikan, pada Maret 2005, yaitu serangan tiga perusahaan swasta terjadi pada perusahaan sejenis lainya – Global, DynCorp dan KBR. Perusahaan militer swasta baru-baru ini bentrok dengan pasukan Irak. Sebuah laporan pada bulan September 2009 menyatakan bahwa sebuah tim militer swasta dari ArmorGroup, yang berasal dari perusahaan Inggris, diancam pidana oleh polisi Irak.

Sangat tidak masuk akal, kejadian beberapa tahun lalu -yang telah merengut ratusan nyawa sipil, berhasil dibongkar baru-baru ini dan hampir tidak ada tanggapan. Apakah pasukan swasta ini sedang mengigau akibat stress atau memang sengaja dipersiapkan untuk menciptakan chaos (kekacauan) untuk melegitimasi peralihan kekuasaan?

One thought on “FAKTA TERSEMBUNYI DI BALIK PERANG IRAK

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s