NEGARA TERKORUP VERSI INTERNATIONAL TRANSPARENCY

 

ilustration: aljazeera.net

Inilah negara terkorup di dunia versi International Transprency dalam rangking indeks 2010 yang dikeluarkan dalam laporan tahunannya yang dirilis pada hari Selasa (26/10).

Somalia (1.1), Myanmar (1.4), Afghanistan (1.4), Iraq (1.5), Uzbekistan (1.6), Turkmenistan (1.6), Sudan (1.6), Chad (1.7), Burundi (1.8), Equatorial Guinea (1.9)

Di satu sisi, temuan ini menunjukkan adanya masalah korupsi yang serius di seluruh dunia hingga membutuhkan upaya lebih terhadap pembenahan struktur pemerintahan yang kuat di seluruh dunia. Namun di sisi lain, carut-marut ini merupakan efek global kapitalisasi, dengan kata lain sebuah kriminalisasi yang tersrtuktur.

Edda Mueller, kepala bagian International Transparency di Jerman, mengatakan bahwa situasi internasional secara keseluruhan “sangat mengkhawatirkan”.

Mengerikannya, negera-negara kapitalis Eropa pun sama-sama mengalami peningkatan korupsi yang luar biasa. Hal ini ditandai dengan masuknya Denmark, Selandia Baru, Singapura, Finlandia, Swedia, Kanada dan Belanda.

Laporan ini menyatakan bahwa beberapa negara yang terpukul oleh krisis ekonomi global menjadi lebih korup di banding tahun sebelumnya. Yunani dan Italia masuk dalam kategori ini bersama dengan Amerika Serikat, yang turun posisinya dari 19 ke 22 pada tahun lalu.

Korupsi Indonesia

Korupsi di Indonesia berkembang secara sistemik. Namun hingga kini pemberantasan korupsi di Indonesia belum menunjukkan titik terang melihat peringkat Indonesia dalam perbandingan korupsi antar negara yang tetap rendah. Sejarah sebelum Indonesia merdeka sudah diwarnai oleh “budaya-tradisi korupsi” yang tiada henti karena didorong oleh motif kekuasaan, kekayaan dan wanita. Kita dapat menyimak bagaimana tradisi korupsi berjalin berkelin dan dengan perebutan kekusaan di Kerajaan Singosari (sampai tujuh keturunan saling membalas dendam berebut kekusaan: Anusopati-Tohjoyo-Ranggawuni-Mahesa Wongateleng dan seterusnya), Majapahit (pemberontakan Kuti, Narnbi, Suro dan lain-lain), Demak (Joko Tingkir dengan Haryo Penangsang), Banten (Sultan Haji merebut tahta dari ayahnya, Sultan Ageng Tirtoyoso), perlawanan rakyat terhadap Belanda dan seterusnya sampai terjadfnya beberapa kali peralihan kekuasaan di Nusantara telah mewarnai Sejarah Korupsi dan Kekuasaan di Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan terpisah, Abdullah Hemahahua mengatakan kekhawatirannya, “Jika selama beberapa tahun ini tidak ada perubahan mendasar dalam penanganan korupsi di Indonesia, maka beberapa puluh tahun ke depan para ahli akan mengatakan, ‘Diceritakan bahwa pernah ada negara yang bernama Indonesia’, dengan kata lain kita sudah menjadi barang antik sejarah”, tuturnya.

 

2 thoughts on “NEGARA TERKORUP VERSI INTERNATIONAL TRANSPARENCY

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s