KONSPIRASI MEMUDAR ANTARA AS DAN ISRAEL

 

foto: aljazeera.net

George Bush pernah ‘dipesan’ untuk menghancurkan gedung yang dicurigai fasilitas nuklir di Syuriah, tepatnya dekat Al-Kibar, sebelah timur Syruriah pada tahun 2007 lalu. Dialog lewat telepon antara Bush dengan Olmert ini direkam dengan sangat baik dalam sebuah dokumentasi memoar yang tidak akan lama lagi dipublikasikan. Israel pada akhirnya menghancurkan fasilitas tersebut. Padahal sebelumnya Syuria telah menyangkal bahwa gedung tersebut dijadikan sebagai fasilitas reaktor atau pengembangan senjata nuklir.

Dalam memoar “Poin Keputusan”, untuk penghancuran toko buku pada hari Selasa, Bush mengatakan bahwa dia menerima laporan intelijen tentang fasilitas yang mencurigakan, yang tersembunyi di padang pasir timur Suriah” yang tampak mirip dengan fasilitas nuklir di Yongbyon, North Korea.

Tak lama kemudian, dia berbicara melalui telepon dengan Ehud Olmert, mantan perdana menteri Israel.

“George, aku meminta Anda untuk bom kompleks itu,” kata Olmert Bush, menurut buku salinan yang diperoleh kantor berita Reuters.

Bush mengatakan ia kemudian membahas berbagai pilihan dengan tim keamanan nasionalnya. Sebuah misi pemboman dianggap lumrah, “Tapi pemboman sebuah negara berdaulat tanpa peringatan atau pembenaran akan menciptakan efek yang parah,” tulisnya. Bush menerima penilaian intelijen dari mantan Direktur CIA, Mike Hayden, yang melaporkan bahwa  para analis memiliki keyakinan tinggi akan adanya tempat reaktor nuklir, tetapi tidak terlalu yakin, jika tempat tersebut bagian dari program senjata nuklir Suriah.

 

Gambar CIA menunjukkan dugaan reaktor nuklir rahasia dalam pembangunan, dekat Al Kibar, di Gurun Timur Suriah

Bush mengatakan pada Olmert, “Aku tidak bisa membenarkan serangan terhadap sebuah bangsa yang berdaulat kecuali badan-badan intelijen saya mengatakan itu sebuah program senjata.”

Kekacauan Dunia Intelejen

Bush pernah memerintahkan invasi ke Irak pada tahun 2003 berdasarkan intelijen yang mengatakan Irak memiliki senjata pemusnah massal, padahal tidak pernah ditemukan sampai saat ini. Sama seperti ketika intelejen melaporkan fasilitas nuklir, yang ternyata hanya toko buku.

Di lain pihak, Olmert kecewa dengan keputusan Bush untuk merekomendasikan strategi  diplomasi yang didukung oleh ancaman kekerasan dalam menghadapi Suriah atas fasilitas tersebut.

“Strategi Anda sangat mengganggu saya,” kata Olmert kepada Bush, menurut buku itu.

Bush membantah tuduhan yang muncul, sebab pada saat itu katanya ia telah memberi “lampu hijau” agar Israel menyerang instalasi.

“Perdana Menteri Olmert tidak meminta untuk lampu hijau secara langsung dan aku tidak memberikannya. Ia hanya melakukan apa yang dia yakini itu perlu untuk melindungi Israel,” kata Bush dalam buku ini.

Di Yerusalem, kantor Olmert menolak berkomentar pada ungkapan yang ditulis dalam memoar Bush. Bahkan katanya, Israel tidak pernah secara resmi mengkonfirmasi pelaksanaan pemboman fasilitas nuklir.

Bush menulis bahwa pemboman itu terjadi dan disebabkan oleh kekalahan prustatif Israel atas Hizbullah pada tahun 2006 di Libanon

(Quy dari berbagai sumber)

 

One thought on “KONSPIRASI MEMUDAR ANTARA AS DAN ISRAEL

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s