PENERBANGAN DARI/KE INDONESIA, DIBATALKAN

Proses Evakuasi, foto: aljazeera.net

Hampir satu lusin perusahaan penerbangan telah membatalkan penerbangan ke bandara utama internasional Indonesia, setelah gunung Merapi di Jawa Tengah mengeluarkan letusan yang paling kuat di abad ini. Langkah itu muncul di tengah kekhawatiran Merapi, yang berada di sekitar 450 km sebelah barat ibukota Indonesia, Jakarta, dimungkinkan meletus lagi.

Penerbangan di dalam kota yang lebih dekat dengan Merapi – termasuk Yogyakarta, Solo dan Bandung – juga telah terpengaruh. Pembatalan penerbangan diumumkan hanya beberapa hari sebelum Barack Obama, presiden AS, berkunjung ke Indonesia.

Tiga puluh enam penerbangan ke dan dari Jakarta dari 11 maskapai penerbangan telah dibatalkan hari ini. Saya pikir ini untuk alasan keamanan karena abu vulkanik dari Merapi,” kata Sudaryanto, seorang juru bicara untuk Soekarno-Hatta International Airport kepada Aljazeera.

Evakuasi Pengungsi

”]

 

Pemerintah Indonesia telah melebarkan cincin “zona bahaya” dari puncak sejauh 20 km, itu berarti sampai ke tepi ibukota kerajaan kuno Yogyakarta, dan bahkan telah diposisikan pada peringatan tertinggi. Ancaman terbesar lainnya adalah sungai Code, yang mengalir ke 400.000 kota  dari Gunung Merapi, dan dapat menjadi saluran lumpur vulkanik mematikan yang terbentuk di hujan lebat.

Lebih dari 166.000 orang diungsikan setelah tempat tinggal mereka dinyatakan sebagai “zona bahaya”. Mereka diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka segera, meskipun ada beberapa yang enggan untuk meninggalkan ternak mereka.

Dengan kecepatan 100 km per jam, materi vulkanik dapat dengan segera menghancurkan benda-benda yang dilaluinya. Letusan Merapi pada putaran terakhir dimulai pada tanggal 26 Oktober yang diikuti oleh lebih dari selusin ledakan kuat lainnya serta ribuan tremor.

Ledakan pada hari Jumat, dilaporkan telah mengeluarkan 50 juta meter kubik materi vulkanik, dengan gumpalan asap yang naik hingga lebih dari 10.000 meter, hingga membuatnya “Ledakan Merapi terbesar pada abad ini”  tutur Gede Swantika, seorang volcanologist Indonesia.

Indonesia, negara kepulauan berpenduduk 235 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan gunung berapi karena terletak di sepanjang Ring of Fire (Cincin Api), lingkaran berbentuk tapal kuda yang melapisi Samudera Pasifik. (Quy dari berbagai sumber)

2 thoughts on “PENERBANGAN DARI/KE INDONESIA, DIBATALKAN

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s