Maklumat Paus untuk Pelacur

Dalam teologi Katolik, infalibilitas kepausan adalah dogma yang menyatakan bahwa, dengan kuasa Roh Kudus, Sri Paus dilindungi dari (bahkan) kemungkinan membuat kesalahan ketika ia secara resmi menyatakan atau mengumumkan kepada Gereja mengenai sebuah ajaran dasar tentang iman atau moralitas seperti yang terkandung di dalam wahyu Tuhan, atau setidaknya memiliki hubungan yang sangat dalam dengan wahyu Tuhan.

Kemarin (20/11) koran Vatikan mengumumkan buku yang ditulis Paus Benecditus XVI akan segera diterbitkan.
Dalam buku yang berjudul Light of the World: The Pope, the Church and the Signs of the Times, Paus menulis, “that it is acceptable to use condoms in some cases such as for male prostitutes seeking to prevent the spread of HIV”, (Merupakan perbuatan yang diterima untuk menggunakan kondom dalam beberapa kasus, seperti pelacur yang ingin menghindari virus HIV).
Pendapat ini berbeda dengan keputusan gereja sebelumnya yang menyatakan bahwa legalitas penggunaan kondom memberikan sumbangsih terhadap penyebaran HIV. Sebab menurutnya, kondom adalah alat kontrasepsi artifisial.
‘Sabda’ Paus yang menurut keyakinan kristiani adalah ma’sum dari kesalahan, mengisyaratkan bahwa penggunaan kondom adalah upaya kuratif untuk pencegahan HIV sebagai salah satu ekses negatif dilakukannya seks bebas menurut ajaran Katolik, bukan pada aspek menjaga keturunan secara holistik seperti ‘laa taqrabu al-zina’ dalam Islam.
Namun yang paling menggelikan, ‘sabda rasul’ Paus ini secara jelas bertentangan dengan data resmi WHO dalam hasil penelitiannya pada bulan Maret 2009 yang menyatakan bahwa penggunaan kondom –apalagi di Afrika- lebih meningkatkan penyebaran HIV dengan sangat cepat daripada sebelumnya.
Bahkan ‘sabda’ Paus yang katanya maksum ini, menurut pemerintah Jerman, Francis, dan PBB sebagai langkah tidak bertanggung jawab dan sangat membahayakan gerakan perang melawan Aids.
Apakah sabda ‘rasul’ katolik ini sudah kehilangan infalibilitasnya? (Quy dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s