Jeruk Makan Jeruk

Hari ini (24/11) kompas.com memberitakan ulah bangsa Israel. Kalau Israel populer dengan ulahnya memperolokan perjanjian demi perjanjian, maka saat ini ulahnya itu dibalas oleh wanita-wanita yang mengaku Yahudi ortodoks.

Di Israel, para wanita sekuler mengikuti latihan wajib militer. Kecuali mereka yang termasuk dari sekte ortodoks. Maka untuk menghindari ini, ternyata banyak wanita yang mengaku dari keluarga Yahudi ortodok padahal tidak pada kenyataannya.

militer Israel pun melacak akun seribuan lebih perempuan Israel di Facebook. Nyatanya, meski mengaku Yahudi Ortodoks, tingkah polah mereka jauh dari apa yang menjadi keyakinan salah satu sekte agama Yahudi tersebut. Begitulah catatan warta AP dan AFP pada Rabu (24/11/2010).

Pemeluk Yahudi Ortodoks sampai kini meyakini kebiasaan-kebiasaan yang dahulu ditetapkan oleh Musa, salah satu nabi yang dianggap nabi oleh bangsa Israel. Laki-laki Yahudi Ortodoks punya kewajiban untuk memelihara kumis dan cambangnya.

Namun kenyataannya, perempuan tersebut menampilkan foto-foto yang tidak sopan atau makan di restoran yang bukan kosher.

Yang lainnya tertangkap ketika membalas undangan pesta pada Jumat malam. Padahal, hari itu adalah hari Sabat Yahudi. Yahudi Ortodoks amat ketat menerapkan peraturan tidak boleh berkegiatan seperti pesta saat Sabat.

Diperkirakan sekitar 35 persen dari perempuan Yahudi di Israel tidak ikut wajib militer karena alasan agama namun militer menduga ribuan dari mereka sebenarnya hidup secara sekular dan layak untuk ikut wamil.

Inilah Israel, di tempat yang ada jeruk makan jeruk.
(Quy)

2 thoughts on “Jeruk Makan Jeruk

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s