ASSANGE, PENDIRI WIKILEAKS DIANCAM HUKUMAN

Julian Assange, Pendiri Wikileaks

AS sedang mempertimbangkan berbagai pilihan hukum terhadap pendiri WikiLeaks, Julian Assange, yang berkebangsaan Australia. Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan pengacara dari seluruh instansi pemerintah AS sedang memperdalam apakah Undang-undang spionase Amerika cukup untuk menjerat Assange.

Australia juga mempertimbangkan tindakan hukum terhadap Assange. Polisi Australia mengatakan mereka sudah mulai menyelidiki apakah ada undang-undang negara yang dilanggar oleh berita-berita yang dirilis oleh wikileaks.

Kevin Rudd, menteri luar negeri Australia, mengatakan berita yang dirilis secara illegar mengenai komunikasi diplomatik sebuah negara telah menjadi masalah utama untuk setiap negara bangsa di dunia.

“Kami, pemerintah Australia, mengutuknya karena itu tidak menguntungkan siapa-siapa, dan saya yakin mereka harus bertanggung jawab untuk itu,” katanya kepada Al Jazeera pada hari Selasa.

Sementara itu, Interpol telah menempatkan Assange dalam daftar yang paling dicari setelah Swedia mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadap dirinya sebagai bagian dari penyelidikan spionase berlarut-larut.

Bahkan organisasi polisi internasional yang bermarkas di Perancis telah mengeluarkan sebuah “pemberitahuan merah” untuk Assange, sebuah surat yang setara dengan ‘most wanted‘.

Sistem Komputer As Diperketat

Amerika Serikat telah memerintahkan tingkat keamanan jaringan komputer diperketat menyusul kebocoran yang banyak dipublikasikan oleh wikileaks.

Langkah ini secara dramatis mengurangi jumlah karyawan di dalam pemerintah yang dapat melihat kabel diplomatik penting. PJ Crowley, juru bicara Departemen Luar Negeri, mengatakan keputusan itu sementara, setidaknya sampai pekerja yang ia sebut–kelemahan dalam sistem yang telah menjadi jelas penyebab kebocoran– benar kembali.

Betapa tidak, Informasi terbaru yang dikeluarkan wikileaks adalah kebalikan dari cerita yang dilihat publik selama hampir hampir satu dekade pasca 9/11, yang tentu saja membuat pejabat AS kebakaran jenggot.

By: quy

Sumber: aljazeera

One thought on “ASSANGE, PENDIRI WIKILEAKS DIANCAM HUKUMAN

  1. Pingback: HEADLINE NEWS « PEMUDA PERSIS GARUT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s