Musycab Pimpinan Cabang Pemuda Persis

 

Ana Muslimun Qabla Kulli Syai-in

Garut (28/12). Pada bulan ini, Pimpinan Cabang Pemuda Persatuan Islam telah menggelar musyawarah cabang di tempat masing-masing sesuai dengan masa jihadnya. “Musyawarah adalah salah satu indikasi bahwa gerak jam’iyyah itu hidup dan dinamis”, kata Dikri Safarudin Sidki, Ketua Bidang Jam’iyyah PD. Pemuda Persis Garut.

“Musyawarah Cabang, bukan sekedar memilih ketua baru. Sejatinya ia adalah untuk mengevaluasi gerak jihad jam’iyyah, apakah sudah berjalan sesuai dengan nidham atau tidak”, lanjutnya.

Di antara Pimpinan Cabang Pemuda Persis Garut yang telah menggelar musycab itu adalah: PC. Pemuda Persis Pangatikan, PC. Pemuda Persis Garut Kota, dan PC. Pemuda Persis Tarogong Kidul.

“Banyak hal yang bisa dievaluasi. Di antaranya adalah bahwa lumbung kader PC-PC masih tetap pesantren-pesantren. Banyak tenaga baru yang ikut bergabung adalah para santri”, jelas Yudi Wahyudin dalam satu kesempatan musycab di Tarogong Kidul.

“Selain itu, musycab menunjukkan kepada kita bahwa tantangan jihad di PC. Pemuda Persis Pangatikan adalah menjamurnya aliran-aliran sesat”, kata Khoerudin, ketua PC. Pemuda Persis Pangatikan yang terpilih kembali dalam musycab kemarin.

Sementara itu, menurut Dadang Muslim, tantangan yang makin menguat di Garut Kota adalah dunia populer remaja yang justru lebih menggiurkan dibanding menyibukkan diri untuk mengabdi pada agama. “Munculnya tempat-tempat hiburan, warung game online, gank motor, serta seabreg kehidupan populer lainnya, menjadi tantangan berat bagi Pemuda Persis Garut Kota”, tutur sekretaris PD. Pemuda Persis Garut ini.

“Namun, munculnya kader muda sebagai ketua terpilih, yaitu Doni Fikri Fauzia (22), menunjukkan bahwa kaum muda  Persatuan Islam masih menunjukkan semangat dan idealismenya untuk hadir menjadi ana muslim qabla kulli syai-in di tengah-tengah komunitas masyarakat populer”, lanjutnya.

Sementara itu, tantangan Tarogong Kidul adalah luasnya wilayah kerja. Karena pada saat yang sama, di Tarogong Kaler belum terbentuk Pimpinan Cabang Pemuda Persis.

“Kita memiliki kader potensial, sumber kader kita jelas pesantren. Kita harus optimalkan itu bersama”, jelas Ust. Saefudin, Ketua PC. Persis Tarogong Kidul, dalam sambutannya.

“Satu-satunya jalan untuk mengembangkan gerak jam’iyyah di Tarogong ini adalah dengan bekerjasama, berbagi peran dan tanggung jawab yang jelas antar otonom. Kita akan inisiasi tujuan ini dengan menggelar musyker bersama”, lanjutnya.

Dikri, dari berbagai sumber.

2 thoughts on “Musycab Pimpinan Cabang Pemuda Persis

  1. ana muslim qabla kulli syai-in,Na’am Ustadz “Nahnu du’at qobla kulli syai Semoga istiqomah!Allahu Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s