Tafiq III: Pembekalan Para Pemuda Quran

Tafiq III: Pembekalan Pemuda Quran

Hari Kamis, 17 Jumadilawwal 1432 H/ 21 April 2011 M ada yang berbeda di Ma’had Utsman Jakarta. Di Islamic Centre ini diadakan Tazwid al-Fityan al-Qur`an (Tafiq) III Pemuda Persatuan Islam (Persis). Tafiq ini dikuti para peserta dari seluruh Pimpinan Daerah (PD) dengan menghadirkan para pembicara tingkat nasional dan ahli di bidangnya. Tujuan Tafiq III adalah Menuju Kader Pemuda Ahli Ibadah, Enterpreneur Ahli Shadaqah, Cinta Ilmu dan Aktivis.

Bertempat di Ma’had jalan Bambu Apus, Tafiq III ini diikuti dengan khidmat. Suasana kampus yang rindang dengan pepohonan, masjid yang antik, kelas dan asrama yang tertata rapi, juga para penghuni yang ramah, keberlangsungan Tafiq berjalan dengan baik.  Setelah mengikuti acara di kelas, dan waktu shalat tiba, para peserta melakukan shalat berjama’ah. Bersama-sama para santri, asatidz, dan pengurus kampus, mereka melakukan shalat berjama’ah dengan khusyu. Khusus untuk shubuh, setelah shalat diadakan kuliah ringkas yang disampaikan dari peserta Tafiq.

Tafiq III adalah salah satu jenjang pengkaderan di Pemuda Persis yang diselenggarakan Pimpinan Pusat (PP). Seseorang dapat mengikuti Tafiq III setelah melalui jenjang pembinaan sebelumnya. Sebelum Tafiq III ada Tafiq I dan Tafiq II dengan pembinaan di antara keduanya. Jenjang-jenjang pelatihan tersebut diikuti dengan pembinaan intensif. Di Pimpinan Wilayah (PW) diselenggarakan Tafiq II, dan di PD Pemuda Persis diadakan Tafiq II. Tafiq di Pemuda Persis dimaksudkan sebagai mesin kaderisasi organisasi. Tidak hanya kesiapan dalam mental dan wawasan secara al-Qur`an dan al-Sunnah, kesiapan mengelola dan memimpin organisasi harus lahir dari kaderisasi ini. Jenjang kaderisasi yang diselenggarakan secara resmi adalah Ma’ruf (Masa Ta’aruf), Pembinaan Intensif, dan Tafiq.

Hadir dalam Tafiq III atau Tafiq ‘Aliy ini utusan dari beberapa PD Pemuda Persis yang telah mengikuti Tafiq II dan Tasykil PP Pemuda Persis. PD Pemuda Persis Kota Bandung, PD Pemuda Persis Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan PD Pemuda Persis Kabupaten Garut mengutus beberapa kadernya yang terbaik berjumlah 17 orang.

Materi dan kegiatan yang diadakan adalah: Tantangan Pemikiran Islam oleh Dr. Adian Husaini; Islam dan Kebijakan Sosial dalam Konteks Ke-Indonesiaan oleh H. Hilman Rosyad, Lc; Metode Istinbat Ahkam Dewan Hisbah oleh KH. Wawan Sofwan; Kekuatan Pebisnis Muslim di Indonesia oleh Ir. H. M. Faisal Nursyamsi; Implementasi Politik Islam dalam Konteks Berpolitik di Indonesia oleh H. Makmur Hasanudin, Lc; Konstelasi Gerakan Aliran Sesat di Indonesia oleh H. M. Amin Djamaluddin; Masa Depan Pemberantasan Korupsi di Indonesia oleh MS. Kaban; Film dan Sastra Islam dalam Pengembangan Kebudayaan Islam di Indonesia oleh M. Irfan Hidayatullah; Konstelasi Gerakan Pemuda Islam Internasional oleh H. Zaki Nurhakim; Gerakan Islam dan Peran Operasi Intelejen di Indonesia oleh Munarman, SH; Peran Ormas Islam dalam Menghadapi Kristenisasi di Indonesia oleh H. Abu Deedat Syihab, dan Taujih Jam’iyyah oleh H. Jeje Jaenudin, M.Ag. Di samping pemberitah materi, peserta pun melakukan kunjungan ke media informasi, yaitu Republika.

Lawatan ke Republika dilaksanakan pada hari Jumat 22 April 2011 pukul 15.30 Wib. Dalam kunjungan ini rombongan peserta diterima Pemimpin Redaksi, bapak Nasihin Masha beserta staf-stafnya. Meskipun bertepatan hari libur, kehadiran kami disambut dengan baik dan bersahabat. Dialog, tukar pikiran, dan klarifikasi pergerakan dakwah dan media menjadi fokus pembicaraan di kantor surat kabar yang berada di Warung Buncit Raya ini. Dua jam serasa tidak cukup untuk pembicaraan peserta Tafiq di kantor surat kabar milik PT Mahaka ini. Mengingat masih ada materi selanjutnya, pukul 17.30 Wib, rombongan peserta Tafiq meninggalkan Republika kembali ke Ma’had Utsman.

Acara Tafiq III kali ini berlangsung empat hari; dimulai hari Kamis hingga hari Ahad. Terselenggaranya program ini didukung berbagai pihak di dalam dan luar Pemuda Persis, diantaranya: PW Pemuda Persis Jakarta, PW Persis Jakarta, Ma’had Utsman, Pusat Zakat Umat (PZU) Pusat, PZU Perwakilan Jakarta, dan World Assembly of Moslem Youth (WAMY) Indonesia.

Tujuan Tafiq III sekarang adalah Menuju Kader Pemuda Ahli Ibadah, Enterpreneur Ahli Shadaqah, Cinta Ilmu dan Aktivis. Pemuda Persis mempunyai tugas menciptakan kader yang mampu mengimbangi zaman tanpa lekang dari jati diri dan hengkang dari gelanggang dakwah. Kader ideal yang diharapkan adalah matang dalam aqidah, khusyu dalam ibadah, rajin dalam berusaha sehingga mampu bershadaqah. Semua kemampuan ini dilandasi dengan ilmu yang benar untuk kemudian dicurahkan dalam suatu pergerakan yang jelas. (Yusup Tajri/ Humas PP Pemuda Persis)

2 thoughts on “Tafiq III: Pembekalan Para Pemuda Quran

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s