Maruf Tarogong Kaler: Tambah Amunisi Dakwah

Jum’at (06/05/2011), Pimpinan Daerah Pemuda Persis Garut akhirnya dapat menyelenggarakan ma’ruf di Tarogong Kaler. Ma’ruf yang diselanggarakan di Pesantren Rancabango ini dihadiri oleh 25 (dua puluh lima) peserta yang notabene adalah Asatadiz di Pesantren tersebut. Bagi mereka tidak ada kata terlambat dan segan untuk berjuang dan berdakwah di Jam’iyah Pemuda Persis. Mereka begitu antusias mengkuti setiap acara yang telah diagendakan selama satu hari itu. Sekalipun materi yang disajikan tidak asing lagi bagi mereka.

Dari segi materi tidak ada berbeda dengan ma’ruf pada umumnya. Diantaranya, Tauhid, Islamic Worldview, Fiqh Jam’iyah dan Enterpreneurship. Akan tetapi, dari segi pematerinya, dihadirkan orang-orang yang berkompeten untuk membahas materi tersebut. Ust. Aceng, Ust. Malki Ahmad Nastir, PhD. Ust.Ena dan Ust.Ucu Najmudin. Tentu saja, diharapkan mereka dapat memberikan motivasi kepada peserta dalam memulai geraklangkah dakwahnya di Jam’iyah Persis.

Ust. Aceng yang menyampaikan materi Tauhid mengungkapkan bahwa kelahiran Persis tidak terlepas dari keprihatinan terhadap kondisi akidah umat yang kian terpuruk dalam kemusyrikan. Takhayul, Bid’ah dan Khurafat (TBC) menjadi focus utama gerakan pemberantasan kemusyrikan yang dilakukan oleh Persis. Sampai sekarang, permasalahan umat tersebut, belum punah. Masih ada dan akan tetap ada. Bahkan keberadaanya sudah semakin akut, tentu saja dalam bentuknya yang baru. Sebagaimana yang banyak kita saksiakan sekarang, banyak aliran-aliran sempalan yang muncul dari orang-orang yang mengaku tuhan, malaikat dan nabi. Oleh karena itu, beliau berpesan kepada peserta ma’ruf—khususnya–, dan umumnya kepada pemuda persis untuk mengenali mengetahui, mengkaji dan menghadang paham-paham yang menyimpang dari ajaran Islam yang benar.

Tentu saja, pemahaman yang benar terhadap pandangan Islam akan hakikat hidup dan kehidupan itu sendiri mutlak harus dimiliki oleh Pemuda Persis. Materi seputar Islamic Wolrdview yang disampaikan oleh Ust. Malki mencoba untuk memberikan pemahaman yang benar terhadap worldview Islam, yang jelas-jelas berbeda dengan worldview yang dianut Barat. Barat memandang segala sesuatu secara dualistic dan cenderung dikotomis, sementara Islam memandang segala sesuatu itu ada keterkaitan satu sama lain (integritas). Dengan worldview yang dianutnya, Islam mampu melahirkan peradaban yang lebih unggul dari Barat. Bahkan, Barat berhutang budi terhadap Islam dalam kebangkitannya dari zaman kegelapan (The Dark Age). Sudah sepantasnya kita sebagai bagian dari umat Islam merasa bangga dengan kegemilangan peradaban kita sendiri.

Selain itu, untuk menghadang gerakan sempalan tidak bisa dilakukan sendirian. Kita harus bersatu padu dan bahu membahu menyusun kekuatan bersama dalam sebuah ikatan al-Jama’ah, bernama Jam’iyah Persis, dalam konteks pemuda, Jam’iyah yang dimaksud adalah Pemuda Persis. Pemahaman seputar pentingnya hidup berjam’ah dikemas dalam materi ‘Fiqh Jam’iyah’ yang disampaikan oleh Ust. Ena. Beliau menyebutkan ada 3 (tiga) makna “al-Jam’ah” diantaranya, (1) Menyusun kekuatan dan kesatuan; (2) Adanya satu komando; dan (3) berjalannya dakwah. Berkaitan dengan point ketiga, para tenaga pengajar (asatidz) yang berada dilingkungan Persis, bisa mengembangkan dan melakukan dakwah di lingkungan pendidikan/pesantren. Tentu saja, yang menjadi maudu dakwahnya adalah santri. Salah satu dakwah yang bisa dilakukan adalah mengembalikan citra dan ciri yang sudah melekat pada Pesantren Persis, yakni kecintaan mereka terhadap al-Quran dan al-Sunnah. Selain itu, mereka juga dituntut untuk melakukan dakwah ke luar, karena Persis tidak berkutat di internal Jam’iyah saja, tapi juga keluar. Beliau menyebutkan bahwa dakwah ke dalam diartikan sebagai pembinaan, sedangkan dakwah ke luar diartikan sebagai pengembangan.

Untuk menggambarkan gerak langkah Pemuda Persis di Garut, Ketua Pemuda Persis, Ust.Yudi W. memaparkan program kerja yang telah dan akan dilakukan. sehingga diharapkan para peserta mengetahui dan memahami geraklangkah Pemuda Persis di Garut, serta mereka terdorong dan merasa berkewajiban untuk melibatkan diri dalam perjuangan ini.

“Pemuda Persis adalah orang-orang kaya…”itulah pesan terakhir yang disampaikan oleh Ust.Ucu Najmudin saat materi pamungkas, Self Motivation Enterpreneur”  pada ma’ruf Tarogong Kaler. Bagaimana pun juga, pemuda Persis bukan organisasi yang bisa menjanjikan keuntungan material bagi anggotannya. Justru para anggotanya yang harus menghidupi Jam’iyah ini dengan segala daya dan upaya yang dimilikinya, baik berupa materi maupun non materi. Oleh karena itu, Beliau mendorong para pemuda agar mandiri secara ekonomi dengan mengoftimalkan jiwa (potensi) wirausaha yang telah build in di dalam diri setiap orang. Sehingga, dalam menjalankan tugas di Jam’iyah tidak lagi terbentur oleh urusan dapur—bagi yang sudah menikah–.

Dengan adanya ma’ruf ini diharapkan dapat menambah amunisi dakwah di tubuh Jam’iyah Pemuda Persis.

Dan berikut pers rilis Maruf Pemuda Persis di HU Republika, tanggal 19 Mei 2011

One thought on “Maruf Tarogong Kaler: Tambah Amunisi Dakwah

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s