Lintas Alam VII Pemuda Persis Garut: Dari Puncak Cikolotok ke Kaki Gunung Cikuray

Salah satu kelompok terlucu, Edegedeble

Ahad (05/06). Lintas Alam VII Pemuda Persis Garut yang direncanakan sejak dua bulan yang lalu, sukses diselenggarakan. Cross country yang diikuti oleh kurang lebih 400 orang dari 34 kelompok dan peserta non kelompok ini memakan waktu + 6 jam dari Kp. Cibunt, Banjarwangi hingga Kp. Nangewer, Cilawu.

Peserta yang mengikuti acara ini cukup beragam, bukan hanya diikuti oleh anggota Pemuda Persis aktif, namun juga oleh para pelopor Lintas Alam, veteran Pemuda Persis, anggota Persatuan Islam, mahasiswa hingga ’emang’ tukang becak.

“Kami ikuti Lintas Alam bukan karena hadiah. Kami ingin merasakan, bagaimana berjalan melintasi medan yang tidak biasa kami tempuh sehari-hari,” jelas salah satu tukang becak yang sering mangkal di Jalan Ciledug.

Di antara peserta paling tua adalah mantan Ketua Pimpinan Cabang Persis, Entang Ruhiat (78). Melihat kondisi fisiknya yang sangat bugar, para peserta muda banyak yang keheranan.

“Da atuh bapa mah unggal minggu lintas teh,” (kan bapa itu lintas ke gunung tiap minggu).

Puncak Cikolotok memang bukan main. Medannya cukup menantang bagi yang sudah biasa naik gunung dan sangat melelahkan bagi para pemula.

“Meski kami sering naik turun gunung, puncak Cikolotok cukup menantang. Selama sebelum ke puncak, kami hanya temukan tiga tempat landai, sisanya, naik terus,” jelas Ust. Asep Milah.

“Kami harap, tahun depan, Pemuda Persis Garut bisa menggelar Lintas Alam VIII di Cimari, tempat kami biasa menjajal fisik,” sarannya.

Sedangkan menurut ‘orang kota’, medan Cikolotok sangat berat.

“Saking beratnya, napas dan perut sakit. Anehnya, gigi saya ikut kerasa sakit,” tutur Hendra yang sering disebut Bang Idots oleh kawannya dari grup Edegedeble ini.

Pemenang adalah Peserta Baru

Selama ini, pemenang tropi bergilir sering dimenangi oleh grup Gurawes dari Nangewer. Selain anggota kelompoknya masih muda-muda, mereak sudah biasa naik turun gunung.

Namun kali ini, tropi bergilir dimenangkan oleh grup ‘aduk’ dari PC. Banyuresmi, Ababil. Kelompok Ababil dari PJ. Burungayun Banyuresmi adalah peserta baru yang belum pernah mengikuti kegiatan Lintas Alam pada sebelumnya.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka menang bahkan tidak pernah berharap menang. Saya ucapkan terima kasih kepada Pemuda Persis Garut, tropi ini memotivasi kami dalam pertarungan-pertarungan jihad selanjutnya,” tutur Awan, ketua grup Ababil.

Selain Ababil di tangga pertama, menyusul Grup Ksatria (PPI Rancabango) di tempat kedua, dan Grup Bungo Tanjung 1 di tempat ketiga. Sedangkan Grup Baper dari PC. Kersamanah, harus cukup puas dengan peringkat grup terfavorit.

Sesi mengharukan yang dapat dilihat oleh seluruh peserta adalah dimuseumkannya Tropi Bergilir lama yang seudah 10 tahun menjadi ikon Lintas Alam.

“Tropi ini sangat bersejarah, tapi karena sudah tua. Kami terpaksa menggantinya dengan yang lebih baru,” tutur Ketua Pelaksana Lintas Alam VII, Ruston Al-Rasyid.

Sedangkan menurut Ketua PD. Pemuda Persis Garut, Yudi Wahyudin, secara kesejarahan, Lintas Alam Pemuda Persis Garut tidak pernah berorientasi hadiah dan menang.

“Saya harap, seluruh peserta dapat memahami semangat yang ingin kami bangun. Meski bersifat lomba, orientasinya bukan hadiah. Tapi kebersamaan, silaturahmi, dan pengorbanan,” jelasnya.

“Kita bisa melihat, bagaimana Kp. Nangewer sebagai pribumi, menghormati acara ini dengan pengorbanan yang tidak dapat kita ganti. Silaturahmi antar generasi tua dan muda, lintas daerah dan wilayah dapat tercipta, dan kita juga merasakan bagaimana kebersamaan dan kekompakan menjadi penentu sampainya kita di finish,” tambahnya.

“Insya Allah, jika masih ada kesempatan, tahun depan kita akan penuhi harapan kawan kita dari Cigalontang, mendaki gunung Cimari,” tambah Ketua Pemuda Persis Garut yang saat itu bertindak sebagai Tim Penyapu.

Bukan hanya Panitia Lokal yang ikut memeriahkan acara ini, para sponsor juga memberikan partisipasi berharga. Di antara sponsor itu adalah CV. Mukti Putra Dua Saudara, CV. Mitra Miramare, CV. Putra Priangan, Pusat Zakat Umat Pusat dan Perwakilan Garut, PD. Kurnia, serta RM Padang Bungo Tanjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s