Bangkit !

(Nadwah Jamiyah Ke PC.Pemuda Persis Cisurupan)

Atmosphere Cisurupan, Menggugah Kesadaran

Pasir Jengjing-Garut, pada Selasa (27/07) PD. Pemuda Persis Garut bersama dengan PD. Persis melakukan kunjungan ke PC.Persis Cisurupan. Kedatangan rengrengan dari Pimpinan Daerah mendapatkan sambutan hangat dari pihak Pimpinan Cabang Cisurupan yang sudah bersiap diri di sebuah ruangan Kelas Sekolah Aliyah Pimpinan Ust.U. Juanda. Sebuah sekolah yang berdiri tepat menghadap kekokohan dan kuatnya Gunung Cikuray, dengan suguhan panorama alam yang menghijau dan udara yang sejuk.

Kunjungan ini diawali oleh sambutan dari salah satu sesepuh Persis di Cabang Persis, Ust. Ujang (Wak.Ketua Cabang Cisurupan) yang sekaligus bertindak sebagai pembawa acara. Dalam Prakatanya, Ust. Ujang memaparkan sekilas tentang kondisi riil Jama’ah dan Jam’iyah Cabang Cisurupan, baik Persis maupun Pemuda persis.  Secara garis Cabang Persis dan Pemuda Persis Cisurupan jumud (stagnan). Melihat kondisi di Cabang Cisurupan seperti itu, maka ia mengharapkan adanya pembinaan secara intens terhadap Jama’ah. Menurutnya terselenggaranya acara ini berlatar belakang keprihatinan akan kondisi Jam’iyah di Cabang Cisurupan.

Selanjutnya, perwakilan dari PD. Persis Garut, Ust.Ena dipersilahkan untuk menyampaikan beberapa buah kata sambutannya. Pada kesampatan itu beliau menjelaskan dan memberikan pemahaman terkait pentingnya hidup berjama’ah. Dalam pemaparannya tersebut, sempat menyinggung Pesantren. menurutnya Pesantren merupakan ujung tombak misi Jamiyah Persis yang senantiasa berjuang di atas landasan al-Quran dan al-Sunnah. Hal itu, sesuai dengan gerak kerja Jam’iyah ini yang lebih terkonstrasi di bidang Pendidikan dan Dakwah. Tentu saja, Dalam berjama’ah dituntut adanya kesetiaan dan pengorbanan (al-Walâ wa al-Warâ), bukan hanya sekedar berkartu Anggota. Seharusnya kita berterimakasih kepada Jam’iyah karena kehormatan diangkat, dan secara materi pun hidup di jam’iyah ini tidak pernah kekurangan. Ada saja rejekinya.

Karena yang hadir dalam nadwah jam’iyah mayoritas asatidz, maka ust.Ena berpesan—dengan mengutip Tausiah dari KH.E.Abdurrahman– bahwa sebagai seorang tenaga pengajar hendaklah tidak disamakan dengan orang yang hendak ke pasar. Kita bukan guru buruh, tapi guru pengajar dan pendidik. Pendek kata kita mengajar di pesantren bukan hendak mencari keuntungan materi, sebaliknya tempat untuk menguji keikhlasan. Sah-sah saja menerima bantuan dari pemerintah, tapi jangan lupakan kewajiban utama kita. Selain itu, beliau pun menekankan akan pentingnya Ta’alum, Ta’lim dan insyâr (menyebarkan) Islam.

Setelah panjang lebar memberikan tausiyahnya, beliau memberikan kesempatan berbicara dalam forum yang dihadiri kader muda pontesial yang siap menghidupakan Jam’iyah Pemuda Persis di Cabang Cisurupan yang semangat jihadnya mulai mengendur—kalau tidak ingin dikatakan mati–.  Ust. Dadang, Sekertaris PD. Pemuda Persis Garut bertindak sebagai pemberi sambutan, sekaligus menyampaikan sepatah dua buah kata. “Hatur terimakasih kepada Jam’ah Pasir Jeungjing atas fasilitas yang diberikan untuk menghidupkan kembali Pemuda Persis di Cabang Cisurupan” begitulah kalimat pertama yang terucap dari lisannya. Sebuah harapan besar tentunya di tengah keprihatinan kondisi Pemuda Persis Cabang Cisurupan–khususnya—akan kembali bangkit dan bersinar Pasir Jeungjing ini. Untuk mewujudkan impian itu, maka pihak PD. Pemuda Persis menawarkan kepada Pemuda Persis yang berada di lingkungan Pasir Jeungjing untuk segera menyelenggarakan Ma’ruf. Dan tawaran tersebut langsung mendapat sambutan hangat dari para kader dengan disepakatinya waktu penyelenggaran ma’ruf pada hari Jum’at, 29 Juli 2011.

Semoga pelaksanaan ma’ruf Pemuda Persis di Pasir Jeungjing berjalan dengan lancar.

5 thoughts on “Bangkit !

  1. leres tos parem etamah di pasir jeungjing kaler abdi kaleresan rorompok di pasir jeungjing kidul tepatna di masjid Arroja masjid binaan persis meni parem pisan maju henteu nu aya mundur teu aya ustadz ti PD/PC nu sumping tausyiah ka masjid teh kaleresan ustadz2 na nu aya sanes ti persis sok aya benten saalit2 pami nerangkeun teh sok aya keneh nu dhoifna cik punten rada di perhatoskeun hatur nuhun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s