Menyongsong Kader Tangguh di Tazwid Fityan Al-Quran (Tafiq) I

 

salah seorang instruktur sedang mempersiapkan peserta sebelum presentasi dan diskusi makalah masing-masing

salah seorang instruktur sedang mempersiapkan peserta sebelum presentasi dan diskusi makalah masing-masing

Tazwid Fityan Al-Qura atau disingkat Tafiq merupakan estafeta kaderisasi di Pemuda Persis. Jika ma’ruf hanya sekedar mengenal Pemuda Persis, maka Tafiq adalah medan pengukuhan dan pengutuhan kader-kader yang sudah mengenal Pemuda Persis. Manhaj ini telah diresmikan oleh Muktamar Pemuda Persis di Tasik beberapa tahun yang lalu.

Para peserta foto bersama di Reks FM Garut

Dengan merujuk pada keketapan Muktamar ini, Pemuda Persis Garut pada tanggal 29-31 Maret 2012 kemarin menggelar Tafiq I yang diikuti oleh 21 orang peserta dari berbagai cabang yang ada di Kabupaten Garut.

Acara ini dilaksanakan di Pesantren Al-Misykat, Garogol Pasirwangi. Dengan suasana teduh, nyaman, dan sedikit dingin setidaknya menjadi sebuah tantangan tertentu bagi peserta karena materi-materi yang diberikan cukup berat.

Dalam Tafiq I ini, materi yang diberikan adalah Tauhid Sebagai Dasar Gerakan, Pengantar Leadership dan Manajemen, Pengantar Kejam’iyyahan, Paradigma dan Fiqh Dakwah, Konsep Islam Kaffah, Falsafah Gerakan Pemuda Persis, Visi Dakwah Pemuda Persis, Karakter Rijal Al-Dakwah, Mesjid Sebagai Basis Gerakan, Analisis Sosio Kultural Indonesia, Analisi Sosio Kulutura Lokal (Materi Lokal, yaitu Kunjungan ke Radio Reks FM), dan Siroh Nabawiyyah.

dr. Helmi, Ketua Komisi D, sedang memberikan materi lokal “Politik Pendidikan di Kabupaten Garut.”

Peserta terbaik yang muncul dari Tafiq I ini adalah anggota dari PC. Pemuda Persis Cibatu, Kang Wahid. Selamat kepada yang bersangkutan semoga menjadi bekal bagi perjuangannya di kemudian hari.

Saat ini, PD. Pemuda Persis Garut sedang merancang pembinaan pasca Tafiq I. Sebab apalah arti sebuah tangga kaderisasi jika kemudian kader-kader yang bersemangat itu tidak dipupuk dengan kedalaman ilmu. Insya Allah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s