Muskerda 1 Pemuda Persis Garut

Musykerda 1 Pemuda PersisSabtu, 18 Jumadil Ula 1434 H/ 30 Maret 2013 M Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Persatuan Islam Garut mengadakan Musyawarah Daerah (Muskerda) yang pertama. Muskerda 1 yang dipimpin tuan Dadang Muslim ini bertempat di Pesantren Persatuan Islam (PPI) 183 al-Manar Bayongbong Garut. Tema yang diambil dalam muskerda tersebut adalah: “Membangun jam’iyyah yang kuat, mandiri, dan berwawasan.”

Muskerda dibuka selepas shalat zhuhur berjamaah. Setelah dibuka dan dibacakan ayat al-Quran, acara berlangsung dengan sambutan dan peresmian kegiatan. Sambutan pertama disampaikan Ust. Imam Mansur sebagai Mudir PPI 183 al-Manar. Ia merasa berterima kasih dengan dipilihnya al-Manar sebagai tempat kegiatan Muskerda. Ia pun berharap Muskerda 1 ini dapat memperlihatkan jati diri sebagai Pemuda Persis yang sebenarnya. Sementara sambutan kedua disampaikan Ketua PD Pemuda Persis tuan Dadang Muslim. Dalam prakatanya, tuan Dadang mengingatkan betapa urgennya peran Pemuda Persis ke depan dalam membina ‘aqidah, ibadah, dan mu’amalah. Terlebih di hadapkan kondisi kehidupan yang semakin pragmatis dan hedonis, pengkaderan pengawal ‘aqidah ummat semakin diperlukan.

Muskerda 1 ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti hasil Musyawarah Daerah (Musda) VI PD Pemuda Persis di Sucinaraja. Musda VI tersebut telah melahirkan berbagai keputusan penting bagi Pemuda Persis Garut secara khusus dan masyarakat Garut secara umum. Di antara keputusan yang lahir adalah mengangkat tuan Dadang Muslim sebagai Ketua. Masa Jihad 2013 hingga 2016 ke depan Pemuda Persis Garut dipimpinan tuan Dadang.

Dalam Muskerda pertama tersebut Pemuda Persis Garut menetapkan diri untuk memperteguh gerakan. Kiprah yang akan dilalui Pemuda Persis Garut ialah mewujudkan kader pemuda yang kuat, mandiri, dan berwawasan. Kuat berarti tidak lemah dan siap menghadapi segala rintangan dan halangan. Mandiri menunjukkan kedewasaan dalam bersikap, bertindak, dan mengatasi masalah berdasar kepada kemampuan diri sendiri. Sedangkan berwawasan menyiratkan adanya ilmu dan wawasan yang jelas, luas, dan mengakar.

Program yang dirumuskan berbagai tasykil/ staf Pemuda Persis Garut diarahkan guna membuktikan tema di atas. Dengan demikian, fokus kemandirian lembaga yang kuat dengan ilmu yang jelas, merupakan titik yang dikejar oleh Pemuda Persis Garut. Tahun 2013 dan 2014 disebut sebagai tahun politik praktis bagi rakyat Indonesia. Pemuda Persis Garut secara khusus berhadapan dengan Pilkada Kabupaten Garut untuk menggantikan bupati yang telah dilengserkan. Pesta demokrasi demikian tentu jangan sampai melupakan jati diri Pemuda Persis sebagai generasi kader dakwah. Semoga Muskerda 1 ini ada dalam ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala (G2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s